Nov 262008
 
[Celoteh Santri] Bangkit setelah 10 tahun turun prestasi
Oleh Imam Khairunnas
Santriwan kelas IV TMI Darunnajah

DARUSSALAM GONTOR – Kontingen Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta yang diwakili oleh Regu Eagle (Penggalang) dan Sangga Batman (Penegak) mendapatkan Juara II kontingen luar pada LP3 (Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak) XXI di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (Selasa-Sabtu : 11-15 November 2008). Lomba tersebut merupakan ajang perlombaan perkemahan paling bergengsi antar pondok alumni Gontor. tema yang diambil pada LP3 kali ini adalah "Scout Now, Leader in The Future" yang artinya "Berpramuka sekarang, akan menjadi Pemimpin di masa yang akan datang". Acara tersebut bukan hanya untuk berlomba-lomba dalam mengumpulkan piala, namun dengan tujuan mempererat ukhuwwah islamiyyah antar santri dan pondok pesantren di seluruh Indonesia, selain itu juga untuk mencetak kader atau pemimpin yang handal dan bisa memimpin bangsa dan negara Indonesia yang tercinta ini.

Peserta yang mengikuti LP3  ke 21 tersebut, kurang lebih sekitar 800 peserta. Kontingen dari dalam terdiri dari 10 POT / Gugus Depan, yaitu 15089/1, 15089/3, 15089/5, 15089/7, 15089/9, 15089/11, 15089/13, 15089/15, 15089/17, dan 15089/19. Sedangkan yang pondok cabang, seperti Gontor 2 (Ponorogo, Jawa Timur), Gontor 3 Darul Ma'rifat (Kediri, Jawa Timur), Gontor 5 Darul Muttaqin (Banyuwangi, Jawa Timur), Gontor 6 Darul Qiyam (Magelang, Jawa Tengah), Gontor 7 (Kendari, Sulawesi Selatan), Gontor 9 (Lampung Selatan, Lampung) dan Gontor 10 Darul Amien (Aceh). Dan yang merupakan pondok alumni seperti dari Daar El Qolam (Tangerang, Banten), Manahijussadaat (Pandeglang, Banten), Al-Mizan (Tangerang, Banten), La Tansa (Lebak, Banten), As-Salam (Sukabumi, Jawa Barat), Darunnajah 1 (DKI Jakarta), Darunnajah 2 Cipining (Bogor, Jawa Barat), Rafah Al-Islami (Bogor, Jawa Barat), Darussalam (Garut, Jawa Barat), Darussalam (Tasikmalaya, Jawa Barat), Darul Mujahadah (Tegal, Jawa Tengah), Ta'mirul Islam (Solo, Jawa Tengah), Al-Iman (Ponorogo, Jawa Timur), Al-Amin (Madura, Jawa Timur), Al-Barakah (Nganjuk, Jawa Timur), Bustanul Ulum (Jember, Jawa Timur), Darul Istiqamah (Banjarmasin, Kalimantan Selatan), Darul Hijrah (Banjarmasin, Kalimantan Selatan), Al-Istiqamah (Palu, Sulawesi Selatan), Gontor Ittihadul Ummah (Poso, Sulawesi Tengah), Nurul Bayan (Lombok, Nusa Tenggara Barat), dan masih banyak lagi.

Kami sangat senang sekali, ketika kami kembali ke Pondok pada hari Ahad pagi (16 November) langsung disambut oleh Ka BPS Ust. Muhammad Dahlan, SAg. dan beliau pun menyampaikan pesan kepada kami semua, inilah Pramuka Darunnajah yang kembali bangkit lagi selama 10 tahun turun prestasi, dan semoga dengan diraihnya Juara II Kontingen Luar ini bisa menjadi batu loncatan agar pramuka Darunnajah bisa kembali berjaya seperti sedia kala baik kancah Nasional maupun Internasional. Selain itu, kami juga mendapatkan banyak teman baru dari pesantren lain untuk menjalin ukhuwwah islamiyyah antar santri dan pondok pesantren seluruh Indonesia. Kami saling bertukar alamat dan biodata dengan peserta lain dengan cara menuliskannya di handbook yang dimiliki oleh masing-masing peserta LP3 XXI, jadi kami bisa mengenal mereka lebih jauh dan mungkin juga apabila kami berkunjung ke pondok mereka kami sudah terlebih dahulu mengenal salah seorang santrinya. Menurut peserta LP3 XXI dari kontingen luar yang pernah mengikuti LP3 XX (tahun lalu) menurutnya, LP3 yang tahun ini jauh lebih beda dan lebih baik, di setiap macam perlombaan maupun sarana dan prasarana yang diberikan oleh panitia kepada setiap peserta LP3. Good Luck for LP3 XXII, semoga kontingen Darunnajah I yang bisa meraih Juara Umumnya, Amien.

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>