Mar 162007
 

PGTK DARUNNAJAH

PGTK Darunnajah menyelenggarakan Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak dengan jenjang pendidikan diploma I. Melaksanakan pendidikan keahlian, mempersiapkan calon guru TK yang profesional serta mampu mengantisipasi dan memenuhi tuntutan zaman. Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak  (PGTK) Darunajah diresmikan pada hari Sabtu, 17 september 2000 M (18 Jumadil Tsaniyah 1421 H) dengan SK Yayasan Darunnajah Nomor: 840.Kep./YDN/IX/2000. Pada hari tersebut sekaligus dilaksanakan kuliah perdana program PGTK-PGSD Darunnajah. Keputusan mendirikan PGTK-PGSD merupakan salah satu hasil rapat Dewan Nadzir tanggal 3 Maret 1998. di Villa Delima Cisarua Bogor.

VISI

Mempersiapkan calon guru TK yang profesional, berwawasan Islami, mandiri dan memiliki jiwa nasionalisme serta dikembangkan sebagai pusat studi TK  yang bercorak Islam dan berperan serta dalam pembinaan dan peningkatan mutu TK secara umum.

MISI

Mendidik calon guru TK yang memiliki kinerja profesional, berwawasan Islami, mandiri dan memiliki jiwa nasionalisme, serta berperan serta dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat melalui kegiatan pengembangan pusat studi TK yang bercorak Islam dan kegiatan pembinaan dan peningkatan mutu TK secara umum. Juga berperanserta dalam memenuhi kebutuhan masyarakat tentang tenaga guru TK di lembaga pendidikan yang dikelola masyarakat.

FASILITAS

Ruang belajar ber-AC, Perpustakaan, Lab. Bahasa, Lab. IPA, Lab.Komputer, Sarana olah raga, Masjid, Balai Pengobatan, Toserba, Koperasi, dan Kantin.

PGTK Darunnajah merupakan salah satu program studi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah.
Untuk menghasilkan output yang maksimal, maka kurikulum yang diterapkan adalah hasil perpaduan antara kurikulum yang ada di Universitas Negeri Jakarta, Kopertais dan kurikulum Pesantren Darunnajah sendiri, dengan beberapa materi tambahan, seperti:

a.  Bahasa arab dan bahasa inggris untuk anak-anak
b.  Komputer untuk anak-anak
c.  Berbagai bentuk pelatihan dan penataran

Karena meningkatnya kuantitas mahasiswa pada 10 maret 2003 PGTK-PGSD menempati kampus baru yaitu di gedung Abu Bakar As-Shidiq (Seberang Kampus Pondok Pesantren Darunnajah) dan sejak 10 September 2006 Kampus PGTK menempati Gedung Darunnajah Centre (Samping ITC Cipulir Mas).

Jumlah Mahasiswa
Dalam kurun waktu 6 tahun ini PGTK-PGSD telah mewisuda 329 Mahasiswa/i. adapun mahasiswa/I yang masih aktif mengikuti perkuliahan pada tahun akademik 2006/2007 berjumlah 165 mahasiswa/i.

Dosen dan Pengelola
Untuk Melaksanakan Proses Perkuliahan, PGTK-PGSD mempunyai 34 orang dosen dan pengelola berjumlah 5 orang.

Aktifitas Mahasiswa
Aktifitas mahasiswa di luar kelas antara lain adalah:
1.Menjadi panitia dan peserta manasik haji dalam peragaan manasik haji bekerjasama dengan TK Islam Darunnajah
2.Observasi ke TK terkenal
3.Observasi budaya antara lain ke Situ Babakan
4.Menggelar buka puasa gratis selama 2 minggu
5.Menggelar aksi kemanusiaan dengan Biro Kemasyarakatan

Praktik Pengalaman Lapangan
PPL Merupakan program wajib yang dilaksanakan pada semester terakhir. Pelaksanaannya bekerjasama dengan Kasi Dikdas Pesanggrahan, SD dan TK sekitar. Pada tahun ini PPL dilaksanakan SD dan TK sebagai berikut:
1.TK Islam Darunnajah Ulujami
2.TK Islam Yanusa Pondok Pinang
3.TK Islam Darul Husna
4.TK Islam Khairunisa
5.TK Islam Ar-Ruhama
6.TK Islam Al-Husna
7.TK Islam Ibunda
8.TK Islam Al-Muttaqien
9.TK Islam Al-Husna
10.SD Islam Darunnajah
11.SDN Ulujami 01 Pagi
12.SDN Ulujami 05 Pagi
13.SDN Bintaro 06 Petang
14.SDN Bintaro 10 Petang
15.SDN Pesanggrahan 02 Pagi
16.SDN Pesanggrahan 06 Petang.

Peta Alumni

PGTK-PGSD Darunnajah sudah berjalan enam tahun. Kualitas maupun kuantitas mahasiswa dari tahun ke tahun terus meningkat. Dalam kuantitas berkembang sangat pesat. Sampai tahun ini PGTK-PGSD telah meluluskan 329 Alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.
 

 

 

 

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>